Kelemahan Usaha Pangkas Rambut, yang Mau Buka Barbershop Simak!

Kelemahan Usaha Pangkas Rambut – Pangkas rambut atau bahasa kerennya Barbershop adalah jasa memotong rambut yang kini banyak di buka oleh anak muda.

Usaha pangkas rambut banyak muncul di berbagai daerah mulai dari pedesaan hingga di perkotaan, banyak juga usaha pangkas rambut yang di jalankan sendiri hingga waralaba.

Mungkin Anda sering menjumpai pangkas rambut yang sepi atau pangkas rambut yang awalnya ramai di kunjungi tetapi lama kelamaan menjadi sepi ? dalam usaha ini merupakan hal yang wajar.

Karena di jaman sekarang orang bebas menentukan dimana mereka memotong rambut apa lagi banyaknya usaha pangkas rambut. Ada berbagai kelemahan dan resiko usaha di bidang ini.

Yuk simak penjelasan Okeinvesting di bawah ini.

Kelebihan Usaha Barbershop

Sebelum Kelemahan Usaha Pangkas Rambut Berikut adalah kelebihan dari usaha memotong rambut, apa saja sih yuk simak.

1. Banyak di Butuhkan

Rambut manusia setiap hari mengalami pertumbuhuan, dengan begitu semakin panjangnya rambut bisa mengurangi penampilan.

Oleh sebab itu dengan hadirnya cukur rambut ini bisa menjadi solusi untuk merapihkan rambut agar tampil lebih keren dan bergaya.

2. Minim Modal

Modal utama dari potong rambut adalah keahlian dalam memainkan gunting dan sisir di kepala konsumen. Jika Anda memutuskan untuk menjadi tukang cukur hanya merlukan gunting dan sisir pun bisa ini pun bisa bertahan lama.

Baca Juga :  Bisnis Bakso Kemasan dan Resiko yang Harus Siap di Hadapi

3. Berpotensi Mendapatkan Keuntungan

Orang yang menekuni bisnis potong rambut bisa saja mempunyai kesempatan untuk menjadi sukses dengan cara memiliki banyak karyawan atau bisa saja membuka barbershop dengan sistem franchise, dengan begitu mempunyai banyak cabang yang bisa meningkatkan penghasilan.

4. Bukan Usaha Musiman

Dalam Usaha Pangkas Rambut selalu memiliki konsumen karena usaha ini berhubungan langsung dengan masyarakat yang mempunyai rambut setiap hari panjang. Tidak kenal musim apa saja usaha ini tidak berpengaruh.

Dengan begitu lokasi yang strategis memiliki potensi yang penting karena dengan memiliki lokasi yang nyaman dan aman akan terhindar dari berbagai cuaca di musim yang akan datang.

5. Jasa yang Banyak di Gunakan

Memang pada hari – hari tertentu seperti hari raya atau selesai liburan usaha ini akan banyak di kunjungi oleh konsumen bukan hanya itu saja walaupun hari biasa biasanya pangkas rambut akan ramai di kunjungi pada hari minggu.

Maka bisa di simpulkan usaha pangkas rambut bukan usaha musiman, dan yang termasuk musiman adalah model dan gaya potongan rambut.

Kelemahan Usaha Pangkas Rambut

Setiap bisnis memang memiliki kelemahan dan tidak ada bisnis yang sempurna. berikut adalah penjelasannya untuk bisa menjadi pertimbangan dan ilmu baru sebelum memtuskan untuk membuka.

1. Lokasi Strategis Menjadi Persoalan Utama

Lokasi menjadi menjadi faktor yang mimiliki pengaruh dalam kemajuan usaha karena jika Anda tidak menemukan lokasi yang layak dan susah di akses oleh orang maka bisa jadi orang yang mau mencukur rambut akan mempertimbangkan lagi.

2. Sudah Menemukan Lokasi, Tetapi Sewanya Mahal

Kelemahan usaha pangkas rambut selanjutnya adalah sewa yang mahal, karena usaha ini harus mudah di temukan maka lebih baik memiliki lokasi yang bagus, tetapi apa jadinya jika biayanya mahal ? maka Anda harus memperhitungkan lagi.

Baca Juga :  Contoh Resiko Usaha Bengkel Motor dan Cara Mengatasinya

3. Karyawan Tidak Kompeten

Memotong rambut memang bisa di pelajari namun keahlian orang berbeda – beda dan keahlian orang haru mengikuti jam terbangnya juga, karena itulah selalu menyeleksi karyawan yang ingin berkerja di tempat Anda.

4. Karyawannya Bisa Saja Membuka Usaha Sendiri

Susahnya mendapatkan karyawan tukang cukur yang handal memang sulit, dan biasanya jika karyawan yang handal dan memiliki banyak pengalaman dan management dari usaha Anda bisa saja mereka membuka usaha sendiri.

5. Tempat yang Kotor

Kelemahan Usaha Pangkas Rambut selanjutnya, Kebersihan tempat potong rambut atau Barbershop harus sangat di perhatikan karena pada saat mencukur rambut biasanya akan jatuh kebawah dan tersapu angin.

Pastikan untuk memperhatikan ini jangan sampai pelanggan yang mengantri terkena rambut apa lagi sampai masuk kemata.

6. Harga Harus Sesuai

Memang di jaman sekarang segala kebutuhan pokok mengalami peningkatan yang drastis maka dari itulah pentingnya mematok harga yang bersaing, untuk menghindari pelanggan pindah tempat.

Anda juga harus menyertakan Harga di dinding agar lebih jelas dan pelanggan juga tidak bertanya – tanya apakah uang yang di bawa cukup atau tidak.

7. Rajin dan Mempunyai Skill

Jangan sampe memotong pelanggan dengan asal – asalan karena ini bisa berakibat sangat fatal aplagi sampe menyebarkan kekesalan pelanggan kepada teman – temannya ini bisa membuat reputasi kurang baik.

Maka dari itu selalu asah kemampuan untuk bisa mempunyai skill yang bagus dan bisa mengikuti tren model rambut terbaru.

Modal Usaha Pangkas Rambut

Pangkas rambut tergolong merupakan bisnis jasa. Oleh sebab itu jika Anda yakin untuk memulai bisnis ini pastikan menyiapkan modalnya terlebih dahulu. berikut rincian yang di perlukan sebelum memulai pangkas rambut.

  1. Kursi yang nyaman untuk cukur Kisaran harga 2 juta
  2. Meja dan kaca 400 ribu
  3. Mesin untuk mencukur merek Wahl Original 1 Juta
  4. Skill dan Keahlian mencukur
  5. Sisir
  6. Sewa tempat
Baca Juga :  Cara Menggunakan PKM Mobile PNM

Total di atas adalah 5 juta tetapi Anda bisa meminimalisir modal dengan membuka pangkas rambut di depan rumah namun ini berlaku jika rumahnya di samping jalan raya.

Penutup

Kunci Sukses untuk memulai bisnis cukur rambut adalah mengikuti perkembangan tren dan harus bisa memotong dengan model gaya rambut masa kini.

Demikian artikel Kelemahan Usaha Pangkas Rambut yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulai. Jangan asal – asalan yah karena yang Anda potong adalah rambut kepala orang jadi berpengaruh kepada penampilan.

Sampai jumpa di artikel lainya okeinvesting mengucapkan terimakasih.

Rekomendasi Artikel :