Tips Usaha Donat Seribuan, Untung Berlipat dari Rumah Saja

Usaha Donat Seribuan – Siapa yang tidak mengenal satu ini yaitu dinat. Donat adalah tenar di dunia dengan keunikan yang memiliki bentuk berlubang besar di tengah-tengah dengan wujud bundar.

Asal usul Donat pertama kali terciptanya donat adalah dari saat seorang ibu rumah tangga yang berasal dari negara Italia membuat resep kue yang selalu gagal, sampai akhirnya ibu tersebut menjadi frustasi.

Namun siapa sangka Dari kegagalannya itu rupanya menciptakan kue yang enak dan banyak di sukai banyak orang. Dengan begitulah kue yang telah menduinia di berinama donat hingga saat ini. Di negara Indonesia sendiri donat, digemari banyak orang dengan bermacam rasa apalagi dengan usaha donat seribuan . Karena itu seringkali banyak masyarakat yang ingin memulai usaha donat.

Membangun usaha donat sebenarnya mudah. Tetapi membuka usaha donat yang lebih terkonsep akan lebih baik. Usaha donat dapat dijalankan walaupun dengan modal yang minim.

Jika Anda yang hanya memiliki modal kurang dari Rp 50 ribupun dapat mengawali bisnis donat ini. Karena biaya modal usaha donat benar-benar terjangkau dan berbahan baku pembuatanya tergolong murah. Hal utama yang diinginkan oleh Anda dari memulai usaha adalah mendapatkan keuntungan. Tetapi kadangkala Anda merasa bingung saat menentukan usaha yang tepat.

Walau sebenarnya jika anda teliti jadi Anda dapat ambil peluang usaha yang ada di depan mata. Satu diantaranya memulai usaha jualan donat kemasan atau donat frozen atau donat seribuan dan donat mini.

Sebelum memuali Anda harus memutuskan salah satu jenis donat yang ingin muali di produksi. Donat juga berbeda tergantung bahan yang di gunakan. Misalnya ada donat kentang, donat ubi, donat kapas, donat singkong dan lain-lain.

Tips Memulai Jualan Donat Rumahan

Sebelum memutuskan usaha makanan atau kulineran yang amat penting nomer satu adalah menjaga mutu makanan supaya masih tetap sama dengan awal berdirinya usaha.

Baca Juga :  4+ Resiko Usaha Siomay dan Solusi Suksesnya

Maka dari itu para konsumen yang telah menggemari donat Anda dari awal akan senang dengan kualitas yang terus di jaga.

Jangan dulu untuk terlalu mengejar keuntungan dengan menurunkan mutu produksi, hal ini sama juga Anda merusak usaha sendiri dengan secara perlahan.

Dalam mengatasi kebosanan konsumen setia anda dapat memberi inovasi pada rasa donat yang dibuat.

Tips Usaha Donat Seribuan

Masyarakat penggemar di sektor kuliner yang menyukai jenis makanan rasa manis seperti donat pasti begitu punya pengaruh pada banyaknya pihak yang mengharapkan kesempatan besar untuk memulai usaha donat seribuan.

Walau demikian, Anda dapat terus bertahan asal bisa ikuti tren pasar dan ikuti cara yang tepat menurut cerita orang yang lebih memiliki pengalaman untuk sukses.

Ada banyak point yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk memulai bisnis donat seribuan yang paling tepat untuk para pemula yang mau usaha dan mendapatkan keuntungan.

1. Siapakan Modal Untuk Memulai

Modal adalah hal yang perlu di siapkan untuk memuai dalam sebuah bisnis begitu juga dengan memulai usaha donat.

Namun tenanh saja untuk memulai usaha donat seribuan anda tidak perlu untuk mengeluarkan modal yang besar, karena bahan untuk pembutan donat masih tergolong bisa di jangkau.

Tetapi perlu diingat Anda harus bisa mengolahnya dengan baik agar donat yang di hasilkan memiliki cita rasa enak dan lezat.

Anda cukup mengeluarkan modal sekitar 50 ribu sampai 200 ribu, namun balik lagi Anda ingin menciptakan inovasi donat yang seperti apa. Jika ingin menciptan donat yang penuh rasa dan berbagai toping modalnya juga ikut bertambah.

Namun, jika Anda baru memulai usaha donat alangkah baiknya membuat jangan terlalu banyak di samping untuk menghindari resiko kerugian dan sambil melihat target pasar.

2. Mencari Informasi Tips Sukses

Memulai usaha donat memang tidak memerlukan modal yang besar, tetapi Anda perlu mencari informasi mengenai resep donat dari yang sudah ahli.

Singkirkan rasa malu untuk bertanya dan jangan berprasangka merasa bersaing kepada penjual donat yang lain. Carilah orang yang sudah pintar dalam mengolah donat.

Di jaman sekarang sudah banyak resep yang memberikan bagaimana mengolah donat yang baik dan benar di media sosial. Tetapi Anda juga harus mencari tau apakah orang yang memberikan resep tersebut benar – benar ahli atau hanya kontan belaka.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Ide dan Peluang Usaha, beserta Contohnya

3. Menentukan Lokasi yang Tepat

Lokasi tempat berjualan juga termasuk faktor penting untuk meningkatkan penjualan Anda karena dengan tempat yang strategis mudah di akses orang – orang akan mudah mencari tempat Anda.

Bukan hanya itu saja, tetapi Anda juga bisa melakukan penjualan dengan cara berkeliling, memasok ketoko terdekat, atau membuka toko milik sendiri.

Hal ini menjadi point penting juga karena kuncinya Anda haru terus berusaha dan pantang menyerah, dan yakinlah bahwa cita rasa dari donat buatan Anda cocok di lidah pembeli.

Tips juga apabila Anda ingin melakukan penjualan dengan cara berkeliling tentukan lokasi yang ramai seperti di area sekolah, perkampungan, atau bisa juga tempat wisata.

4. Pertimbangkan Analisa Permintaan Pasar

Dalam Analisa Permintaan Pasar sangat penting karena dengan begitu Anda tau akan konsumen yang membeli donat menyukai yang seperti apa? Apakah menyekai toping, hiasan, hiasan, atau rasa yang seperti apa.

Dengen mengetahui minat para pembeli Anda jadi tidak ragu untuk memproduksi donat dalam jumlah yang besar tetapi juga perlu harus mempunyai keunikan cita rasa yang unik agar berbeda dengan penjual donat pada umumnya.

5. Menyiapkan Perlengkapan yang Tepat

Sebelum memulai usaha donat seribuan Anda juga harus menyiapkan perlengkapan seperti mixer, penggorengan, oven, dan lain – lain.

Perhitungkan perlengkapan Anda agar tidak menghabiskan anggaran Anda. dan hitung juga total bahan – bahan sebelum memulai usaha.

6. Membuat Merek

Membuat merek untuk usaha donat merupakan poin penting juga dengan begitu donat yang anda jual memiliki ciri khas tersendiri dari sebutan nama para pelanggan.

Dalam pembuatan merek dan logo pastikan untuk membuat nama yang gampang di ucapkan dan logo yang gampang di ingat.

7. Terus Berusaha dan Berdoa

Pada awal memulai usaha donat jangan terlalu berharap untuk cepat laku dan menghasilkan untung yang banyak. Biasanya awal usaha akan mengalami sepi pelanggan namun berbeda jika Anda seorang Artis atau tokoh publik yang sudah di kenal.

Yang penting adalah Anda harus tetap berusaha dan berinovasi agar usaha donat seribuan Anda harus tetap berjalan dan konsisten.

Selalu berdoa kepada Tuhan agar di permudahkan jalan untuk mencari rizeki.

Baca Juga :  Bisnis Bakso Kemasan dan Resiko yang Harus Siap di Hadapi

Resep Usaha Donat

Bahan – Bahan Donat:

  • 1 Kg Tepung
  • 2 sdm ragi
  • Minyak sayur
  • Topping sesuai selera
  • Air Matang
  • 2 butir Telur
  • 5 sdm margarin
  • 5 sdm Gula Pasir / Gula Halus
  • 1/2 sdt garam

Alat Usaha Donat

  • Wajan Kotak / Alat Penggoreng Donat
  • Mixer Donat 2 Kg
  • Meja Adonan

Cara Membuat Donat

  1. Langkah pertama campur semua bahan seperti gula halus, ragi, tepung, kedalam mixer,
  2. Jika sudah aga lama masukan telur pada ke dalam adonan dan aduk lagi,
  3. Masukan garam, margarin lalu aduk lagi.
  4. Apabila adonan sudah tercampur ambil adonan lalu uleni dengan tangan agar udaranya hilang yang masih tertinggal,
  5. Masukan adonan ke wadah dan tutup kain diamkan 30 menit, biarkan mengembang,
  6. Jika sudah pipihkan adonan lalu cetak dengan cetakan donat,
  7. Bila cetakan sudah jadi diamkan selama 15 menit agar mengembang sebelum digoreng. Fungsinya agar empuk dan lembut,
  8. Goreng adonan dengan wajan penggoreng kotak dengan minyak 10 liter.
  9. Jika di perkirakan sudah matang angkat dan tiriskan,
  10. Donat sudah siap untuk di hiasi dengan topping yang anda inginkan.

Resiko Usaha Donat Seribuan

Semua usaha pasti memiliki resiko, jadi apa sih resiko usaha donat yuk simak.

  1. Sepi Pembeli, Hal ini wajar saja karena dalam berbisnis tidak selalu ramai kadang sepi kadang ramai, tetapi bila Anda memiliki kualitas yang baik maka akan bisa meminimalisir kerugian.
  2. Persaingan yang ketat, Karena pembuatan donat sangatlah mudah jadi tidak heran banyak orang yang tertarik untuk melakukan usaha yang sama.
  3. Pembeli Bosan, Kebosanan pada pelanggan merupakan hal yang wajar saja karena orang memiliki mood yang berbeda di setiap harinya apalagi donat bukan makanan pokok.
  4. Peralatan Rusak, Anda harus menjada peralatan agar tetap awet namun alangkah baiknya jika Anda sudah memiliki keuntungan yang banyak cobalah untuk membli peralatan dengan kualitas yang lebih baik.

Penutup

Demikianlah mengenai artikel Usaha Donat Seribuan, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang mau memulai usaha ini atau yang sudah memulai usaha.

Sampai jumpa di artikel yang lain. Okeinvesting mengucapkan terimakasih.

Rekomendasi Artikel :