Analisa Usaha Konter Kuota dan Pulsa, Siap Untung!

Dijaman yang serba internet seperti sekarang ini, kuota dan pulsa sudah jadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi kebanyakan masyarakat indonesia.

Pasalnya sebegitu pentingnya sekarang pulsa dan kuota internet untuk kepeluan komunikasi, juala beli, atau mencari informasi. Dengan demikian jika Kamu seorang yang jeli dalam bidang usaha, hal ini bisa menjadi peluang.

Hal yang membuat menarik dari usaha ini adalah karena tidak memerlukan modal yang besar, selain itu market yang sangat luas mulai dari segala penjuru dari penduduk desa hingga kota, mereka membutuhkan internet.

Masyarakat Indonesia ketertarikan dengan dunia internet saat ini kian bertumbuh pesat, apa lagi dengan kemudahan akses yang bisa di lakukan oleh siapa saja anak – anak hingga orang dewasa.

Dengan pertumbuhan yang semakin pesat ini bisa menjadi pelaku usaha konter kuota dan pulsa, karena jutaan orang sekarang sudah melek akan teknologi dan membutuhkannya untuk komunikasi.

Kamu tertarik ingin berjualan pulsa dan kuota internet ?, ini bisa menjadi langkah yang tepat pasalnya usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, dan kamu bisa saja bertahap dengan membuka usaha berawal dari jualan pulsa dan kuota, jika modal terkumpul bisa dengan aksesoris Hp.

Simak yuk ulasan yang sudah Okeinvesting bahas di bawah ini.

Analisa Usaha Konter Kuota dan Pulsa

Kamu harus mempersiapkan perlengkapan dan modal terlebih dahulu sebelum siap untuk berjualan, diantara lain sebagai berikut.

Etalase (Untuk harga murah bisa mencari yang bekas) Rp. 700.000
Kursi Plastik (Tempat duduk pembeli) Rp. 200.000
Hp (Bisa Menggunakan Hp jadul Second) Rp. 200.000
Rak untuk wadah aksesoris Rp. 500.000
Kartu dan Kuota Rp. 300.000
Voucher Rp. 300.000
Baner Nama  Rp. 30.000
Jumlah Keseluruhan Rp. 2.200.000
Paling utama yang harus kamu siapkan untuk memulai usaha ini adalah dengan mengutamakan pralatan sebagai berikut.
  • Ponsel untuk proses transaksi
  • Meja dan etalase
  • Kursi plastik
  • Rak untuk wadah aksesoris Hp
Baca Juga :  Bisnis Siomay dan Batagor, Berikut Analisa serta Peralatannya

Tips sebelum memulai usaha Konter

Sebelum melakukan usaha alangkah baiknya kamu untuk melakuka riset terlebih dahulu dan mempersiapkan diri baik mental maupun modal, berikut tips yang bisa kamu gunakan dalam usaha konter.

1. Menjaga Pelayanan

Salah satu kunci kesuksesan usaha konter kuota dan pulsa adalah menjaga kualitas pelayanan yang baik kepada pelanggan. Pastikan pelanggan selalu mendapatkan kuota sesuai dengan yang diinginkan, segera menangani keluhan yang muncul, dan setiap tanggap pelayanan yang fast respon.

Dengan begitu pelanggan yang membeli dari konter Kamu akan balik lagi karena pelayanan yang baik dan ramah kepada pembeli.

2. Menentukan Lokasi

Sebelum memulai usaha konter, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu lokasi yang ingin Anda tuju. Pastikan konter kamu menyasar konsumen remaja, orang tua, atau kalangan pekerja.

Hal ini penting untuk menentukan strategi marketing yang tepat dan sesuai, pastikan juga konter kamu berlokasi dekat dengan pemukiman dan akses yang mudah dijangkau.

3. Menentukan Sumber Suplier

Setelah menentukan lokasi, selanjutnya Anda harus menentukan suplier yang akan dijual kembali. Ada beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan, seperti menjadi agen dari provider selular atau mengambil stok kuota dari penyedia layanan kuota online.

Pilihlah agen sumber kuota yang terpercaya dan memiliki harga yang kompetitif dengan begitu kamu mendapatkan keuntungan dari jual kuota dan internet dan tidak akan kekurangan stock.

4. Menentukan Harga Jual

Tentukan harga jual kuota dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti harga dasar kuota dari sumber, biaya operasional, dan margin keuntungan yang diinginkan.

Jangan lupa untuk memperhitungkan juga kemampuan finansial target pasar yang telah kamu tentukan sebelumnya dengan begitu kamu akan mengatur usaha ini jadi lebih mudah.

Baca Juga :  Contoh Resiko Usaha Bengkel Motor dan Cara Mengatasinya

5. Promosi Usaha

Setelah menentukan harga jual, langkah selanjutnya adalah mempromosikan usaha konter kuota dan pulsa. Kamu dapat memanfaatkan media sosial atau membuat brosur yang menjelaskan tentang produk dan harga yang ditawarkan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas pelayanan dan menjadi jujur terkait stok kuota yang tersedia, jadi apabila ada pelanggan yang ingin membeli tidak kecewa jika barangnya ternyata kosong.

6. Menawarkan Kemudahan Pembayaran usaha konter kuota dan pulsa

Pelanggan akan lebih terpuaskan jika kamu menawarkan kemudahan dalam melakukan pembayaran. Selain menyediakan uang tunai, kamu juga dapat menyediakan pembayaran melalui aplikasi pembayaran online.

Hal Ini akan memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, sekaligus meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha Anda. Misalnya dengan pembayaran Qris dan Aplikasi Dana.

7. Menawarkan Paket Kuota Beragam 

Untuk menarik pelanggan yang beragam, sebaiknya kamu menawarkan paket kuota dengan harga dan jumlah yang beragam. Misalnya, kamu dapat menyediakan paket kuota dengan harga yang terjangkau untuk pelanggan yang memiliki budget terbatas, serta paket kuota dengan jumlah yang lebih banyak untuk pelanggan yang membutuhkan kuota dalam jumlah besar.

8. Memberikan Bonus atau Diskon

Untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan, sebaiknya memberikan bonus atau diskon dari waktu ke waktu.

Misalnya, kamu dapat memberikan bonus kuota tambahan untuk pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar, atau memberikan diskon untuk pelanggan setia yang sudah lama menggunakan layanan Anda.

Akhir Kata

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan usaha konter kuota dan pulsa Anda dapat terus berkembang dan sukses. Selalu ingat untuk menjaga hubungan baik dengan provider selular, menawarkan kemudahan pembayaran, menawarkan paket kuota beragam, serta memberikan bonus atau diskon kepada pelanggan.

Baca Juga :  4+ Resiko Usaha Siomay dan Solusi Suksesnya

Demikian semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada semua, sampai jumpa lain waktu. Terimakasih sudah mengunjungi~~

Baca Juga :

 

Leave a Comment